Senin, 09 Januari 2012

Arduino ATmega8

Membuat Board Arduino ATmega8


Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.
Mikrokontroler itu sendiri adalah chip atau IC (integrated circuit) yang bisa diprogram menggunakan komputer. Tujuan menanamkan program pada mikrokontroler adalah agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memproses input tersebut dan kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan. Jadi mikrokontroler bertugas sebagai ‘otak’ yang mengendalikan input, proses dan output sebuah rangkaian elektronik.
Mikrokontroler ada pada perangkat elektronik di sekeliling kita. Misalnya handphone, MP3 player, DVD, televisi, AC, dll. Mikrokontroler juga dipakai untuk keperluan mengendalikan robot. Baik robot mainan, maupun robot industri.
Karena komponen utama Arduino adalah mikrokontroler, maka Arduino pun dapat diprogram menggunakan komputer sesuai kebutuhan kita.

Apa saja yang bisa dilakukan Arduino?
Kegunaan Arduino tergantung kepada kita yang membuat program. Arduino bisa digunakan untuk mengontrol LED, bisa juga digunakan untuk mengontrol helikopter.
Contoh yang sudah pernah dibuat adalah MP3 player, pengontrol motor, mesin CNC, monitor kelembaban tanah, pengukur jarak, penggerak servo, balon udara, pengontrol suhu, monitor energi, statiun cuaca, pembaca RFID, drum elektronik, GPS logger, monitoring bensin dan masih banyak lagi. Silahkan buka Google, Youtube atau lihat di http://www.freeduino.org
Kelebihan Arduino
  • Tidak perlu perangkat chip programmer karena di dalamnya sudah ada bootloader yang akan menangani upload program dari komputer.
  • Sudah memiliki sarana komunikasi USB, sehingga pengguna Laptop yang tidak memiliki port serial/RS323 bisa menggunakan nya.
  • Bahasa pemrograman relatif mudah karena software Arduino dilengkapi dengan kumpulan library yang cukup lengkap.
  • Memiliki modul siap pakai (shield) yang bisa ditancapkan pada board Arduino. Misalnya shield GPS, Ethernet, SD Card, dll.
Bahasa Pemrograman Arduino
Bahasa pemrograman Arduino adalah bahasa C. Tetapi bahasa ini sudah dipermudah menggunakan fungsi-fungsi yang sederhana sehingga pemula pun bisa mempelajarinya dengan cukup mudah.
Untuk membuat program Arduino dan mengupload ke dalam board Arduino, anda membutuhkan software Arduino IDE (Integrated Development Enviroment) yang bisa di download gratis di http://arduino.cc/en/Main/Software
Panduan bahasa pemograman Arduino beserta dengan contoh-contohnya bisa dibaca di halaman http://arduino.cc/en/Reference/HomePage

Bagaimana cara membuat Board Arduino
Langkah pertama anda buat dahulu sistem minimum  ATmega8 biasa dan lengkapi dengan serial com *cocokan dengan komunikasi serial to USB agar suport di semua Laptop
setelah rangkaian jadi anda perlu memasukan sebuah program BOOTLOADER berupa program driver pembaca serial com serta driver program yang nantinya akan suport di program aplikasi Arduino.
sebelum anda memasukan bootloader arduino anda wajib mensetting fusebit  atmega8 yang akan di buat board Arduino. menurut pengalaman saya jika tidak di setting fusebitnya maka program yang hanya sekali isi saja tidak bisa di tulis ulang kemali kecuali kita menghabis isi program di atmega8 lalu di isi kembali dengan bootloader.
settingan fusebit Borad Arduino ATmega8 :
atmega8.name=Arduino NG or older w/ ATmega8

atmega8.upload.protocol=arduino
atmega8.upload.maximum_size=7168
atmega8.upload.speed=19200
atmega8.bootloader.low_fuses=0xdf
atmega8.bootloader.high_fuses=0xca

atmega8.bootloader.path=atmega8
atmega8.bootloader.file=ATmegaBOOT.hex
atmega8.bootloader.unlock_bits=0x3F
atmega8.bootloader.lock_bits=0x0F

atmega8.build.mcu=atmega8
atmega8.build.f_cpu=16000000L
atmega8.build.core=arduino
atmega8.build.variant=standard

Perhatikan bagian yang saya cetak tebal, itu adalah bagian fusebit yang perlu kita setting sebelum kita mengisi program bootloader ke ATmega8.

==================================

Desain Versi terbaru 


Contoh Vidio Aplikasinya 







** Versi Auto Reset

Versi sebelum nya sempat kebingungan setiap akan  upload program harus tekan reset, sedangkan yang asli tidak. cek dan ricek dan mencari sinyal di bagian serial ternyata ada di pin 4 di kaki DB 9 nya. saya coba kan sambungkan pin reset nya ke pin 4 DB9 nya dan menambahkan kapasitor 100 nf.
sehingga desain nya menjadi :



dan menambahkan PIN AREF serta output tegangan 3,6 volt dengan manambahkan zener 3,6

Silahkan yang berminat Membuat nya sendiri

File Pdf >>  Donwload disini
File OrcCad >> Donwload disini


36 komentar:

  1. skemanya dgn software apa y.....saya kesulitan dalam membuat skema board arduino atmega8...bolehkah saya minta skema y.......kalau boleh ....sya pgn coba membuatnya dirumah...maklum masih belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. desain nya menggunakan software Orcad versi 9.0
      kalo mau mana alamt email nya biar saya kirim

      Hapus
    2. mas gan ijin kirimkan software Orcad versi 9.0 .ke lekgun@ymail.com
      mohon dgn sangat mas ya?????di tunggu lho???

      Hapus
    3. keren banget gan,jika berkenan kirim skematik nya, thanks..

      Hapus
  2. sudah dikirim silahkan cek email..

    BalasHapus
  3. mas saya mau tanya ...apa ya bedanya modul arduino yang menggunakan max 232 sama yang ngga menggunakan....
    itu saya liat modulnya pake max 232..
    sebenarnya fungsi mx 232 itu apa ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Max 232 itu converter TTL nya
      yang modul saya buat itu menggunakan max232 karna saya pake USB to serial untuk donwloadkan programnya.

      nah jika di bandingkan sama modul arduino Aslinya/beli jadi produck Itali rata2 menggunakan IC FT232 dan sudah suport langsung ke TTL nya mikro.

      Hapus
    2. MAS MINTA DONLOADER NYA MAS

      Hapus
  4. terimaksih banyak mas, saya sudah menggunakan desain terbaru yang auto reset. ini benar2 sangat membantu bagi saya yang dana cekak hehehe..
    di tunggu aplikasi yang terinclude serial usb nya

    BalasHapus
  5. mas cara memasuka bootloder'a gmn??
    saya sudah buat tapi binggung masalah bootloder dan fuse bit'a??
    maksih mas sebelumnya..
    email saya doank.wien@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukin seperti biasa kita donwloadkan program..
      dan kalo pake bootloader diatas setingan fusebit nya pake :
      low_fuses=0xdf
      high_fuses=0xca

      saya biasa masukin pake sistem minimun lain dan pake USBasp soalnya nyetingnya lebih mudah

      Hapus
  6. owww gitu yaa mas..
    boleh minta scematik'a gak??
    ane kesulitan dalam merangkai karena jalur'a terlalu tipis..

    makasih sebelumnya..
    e-mail sayang mas..
    doank.wien@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. skematik nya saya nda punya, ngelayoutnya langsung..
      skematik bisa donwload di web nya arduino disana ada.

      Hapus
  7. wah mantap nih, cocok banget bagi saya yang berkantong tipis

    kalo bisa minta file desain layoutnya dong
    hawkeye@null.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. di atas sudah ada link donwload nya..

      Hapus
    2. ada yang dalam bentuk file orcad ?

      Hapus
    3. sudah saya update... silahkan donwload ada file pdf dan file orcadnya..

      semoga bermanfaat...

      Hapus
  8. Mas sebelumnya saya minta maap,untuk file pdfnya ga bisa didownload,kalau boleh minta dikirim ke email sicangklong@yahoo.co.id-terimakasih

    BalasHapus
  9. kang dah pernah blm matikan atau nyalakan lampu dengan sms menggunakan arduino+modem wavecom..

    BalasHapus
  10. artikelnya sangat bermanfaat mas...kebetulan saya baru belajar tentang mikrocontroller..kalo boleh saya minta schematic dan layoutnya??email saya : akank.rg@gmail.com
    terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  11. kang yang dari eagle ada guk rangkyannya..siapapun yang punya minta tolongnya..aku minta file y kang

    BalasHapus
  12. Kang boleh mintak file layout sama software oscad ny ...... tolong banget kang kirim ke email saya ikandar88@yahoo.co.id

    BalasHapus
  13. mas izin kirimkan skema tuk membuat board arduino atmega8 ke adrenalin_id@yahoo.com
    tutorialnya susah didownload n sllu gagal (link yg baru dunk)
    trims sblumnya..

    BalasHapus
  14. mas izin kirim juga mas tuk skema membuat board arduino atmega8 ke indy.yufandy@gmail.com susah downloadnya mas.... help me mas....

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Mas bisa minta skema rangkaiannya gak sekaligus komponen2 nya, tolong mas kirim dong ke syapaniku75@gmail.com karena ini sangat membantu untuk tugas akhir saya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  17. bang, maaf boleh saya juga minta rangkaian nya sekaligus komponennya. ke Aprizalmuliawan@yahoo.com. terima kasih

    BalasHapus
  18. bang minta rangkian nya sama komponen ke ifahmi36@yahoo.co.id

    BalasHapus
  19. Klo saya lgi ngoprek arduino untuk led matrik ni gan .tp bingung ni tik buat tulisan berjalan .mhn bantuan master .ke .anasadja58@gmail.com.

    BalasHapus
  20. boleh minta skematiknya pak....?....yongkiputr25@gmail.com

    BalasHapus
  21. Boleh minta downliad driver max232 pak...?? gentarsudrajat@gmail.com

    BalasHapus
  22. Boleh minta downliad driver max232 pak...?? gentarsudrajat@gmail.com

    BalasHapus
  23. selamat siang
    boleh minta skematiknya karena masih dalam proses belajar?

    ahmadbagusdhaa@yahoo.co.id

    BalasHapus
  24. mantap postingan nya gan..
    boleh minta pdf nya gan,
    ini email saya :
    irwin.atmariga37@gmail.com

    BalasHapus